Kamis, Desember 24, 2009

Immitation of love (??)

500 Days of Summer
Directed By : Marc Webb
Cast : Joseph Gordon-Levitt, Zooey Deschanel
Image and video hosting by TinyPic
An offbeat romantic comedy about a woman who doesn't
believe true love exists, and the young man who falls for her
Sebelum gw kasih komen soal film ini, ada yang bikin cengar cengir di awal penayangannya, sebelum adegan masuk.
Pada awalnya sih biasa aja, ada author’s note seperti ini :

The following is a work of fiction.
Any resemblance to persons living or dead is purely coincidental
.

Biasa aja kan ?!
Naa, kalimat selanjutnya yang bikin nyengir.
Kalo dibaca seluruhnya, maka note selengkapya adalah :

The following is a work of fiction.
Any resemblance to persons living or dead is purely coincidental.

Especially you Jenny Beckman

Bitch.

He he he..
Hal yang bikin gw sempat berpikir bahwa film maker-nya cewe., joker, ato emang ‘sekedar’ orang ‘sinting’. ^^


Well anyway komen gw untuk film ini beneran personal banget. Gw ga akan berkomentar soal hal tekhnis, karena memang gw kurang mengerti, kecuali yang memang kentara banget dan cukup mengganggu bagi penonton awam sekalipun, dan di film ini g rasa hal itu ga ada.
Bisa jadi komen ini hanyalah apa yang gw rasakan saat dan setelah nonton film ini.
Keseluruhannya : interesting

Alur film ini maju-mundur-maju. Misalnya, masuk hari 1, lompat ke hari 204 balik ke hari 3,tau2 hari ke 488, dst. Meski begitu, alurnya menurut gw ga bikin bingung, meskipun pada satu atau dua spot, gw lost, lupa gw berada di adegan hari ke berapa (he he ).Tapi tidak masalah, karena tidak membuat gw bingung. Ikuti aja.

Hal yang menarik dari film ini adalah kita diajak ikut ke dalam jungkir baliknya perasaan dan pikiran Tom Hansen (Joseph Gordon-Levitt) tokoh utamanya, dan penggambarannya bisa apa saja, meskipun tidak terlalu kaya ekspresi. seperti dalam serial Ally McBeal.
Saat perasaan Tom sedang berbunga2, tiba2 saja film ini serupa drama musikal dimana ia menari2 dan semua orang di jalan mengikuti.
Atau saat pikirannya galau dan ia sedang berada di dalam gedung bioskop, tiba2 saja adegan2 film yang tengah diputar semua diperankan olehnya dengan karakter berbeda2 dan dengan bahasa yang campur aduk,

What is love ? Apa sih cinta itu ? Dalam hal ini gw mempersempitnya menjadi hanya cinta antara laki laki dan perempuan.
Kalau gw tanya ke kamu pertanyaan seperi itu, gw yakin jawaban kamu beragam atau bahkan ada yang tidak bisa menjawab sama sekali.
Reaksi kamu juga gw yakin beragam : senyum, tertawa, malu2, mencibir, mengerutkan kening, dsb.

Tagline film ini adalah : Boy meets girl. Boy falls in love, girl doesn’t
Pada awal penayangan, narrator sempat berkata: this is story of boy meets girl. But you should know up front, this is not a love story.
Intinya bisa saja : boy falls in love, (but) this is not a love story.
Bagi gw : boy (think he) falls in love, (but he doesn’t). (So) this is (definitely) not a love story.
Bagi gw, Tom Hansen tergila2 pada Summer Finn (Zooey Deschanel) bukan karena cinta, tetapi karena penasaran, Summer Finn was playing hard to get. Laki – laki menurut gw biasanya akan penasaran dan tergila2 dengan model perempuan semacam ini,
Mungkin akan berbeda ceritanya bila Tom Hansen naksir Summer, dan Summer menerima dengan tangan terbuka dan akhirnya mereka pacaran beneran.
End of story, boring, life is flat.
Dan itu tidak mungkin terjadi. Dalam kehidupan nyata, especially.
Karena film adalah cerminan kehidupan nyata, maka untuk romance story pun, harus ada konflik, dari pihak laki2 atau perempuan,
Dan dalam cerita ini, tampaknya sih girl power, tapi yang gw rasakan sih enggak, Dan hal itu sangat gw rasakan pada adegan terakhir film ini.
Pada akhirnya kedudukan perempuan dan laki2 sama saja. Tidak ada yang superior. Salah satunya bisa saja sangat berpengaruh bagi yang lain, lalu tiba2 bisa terlupakan begitu saja,
Bahkan gw sempat berpikir, apa memang bener sesungguhnya tidak ada yang namanya true love ?
Asal kamu open heart, tunggu saja sampai kamu ketemu yang lain, maka patahlah anggapanmu bahwa dia adalah cinta sejatimu.
Dia hanya seseorang yang sempat singgah dalam kehidupanmu.
Seperti itukah ??

Rachel Hansen : Tom, I know you think she was the one, but I don’t. Next time you look back, I think you should look again.

So guys, what is love exactly ?

Tidak ada komentar: